1. unduh file patch 2.05
di alamat website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
2. instal patch 2.05
sampai berhasil (selesai)
3. buka aplikasi
dapodikdas
4. refresh browser
dengan menekan ctrl+f5
5. login
di aplikasi pastikan versi sudah berubah menjadi versi 2.05 . jika belum tekan
kembali ctrl+f5
6. Lakukan
validasi dan langsung lakukan sinkronisasi secara online. Dengan tujuan
menaikkan seluruh data yang di aplikasi ke server, meskipun masih ada data
invalid. dengan demikian posisi data di lokal (aplikasi) sama dengan di server
7. Lanjutkan
input data sampai dengan validasi = 0 untuk memastikan data sekolah anda
berkualitas kemudian sinkronisasi
Penjelasan tentang Versi 2.05
1. Versi
2.05 mengakomodir sinkronisasi tidak mengharuskan data invalid = 0
2.
Pastikan data yg anda
sinkronkan adalah data yg sudah terupdate, benar, lengkap dan valid ,
"kualitas data sekolah anda di tangan anda sendiri"
3. PD dan PTK baru, dapat dipindahkan ke tabel utama secara manual
tanpa melalui sync di versi 2.05
4. perubahan yg terjadi di 2.05 optimasi/ mempercepat waktu sync,
konsistensi/kesesuaian data, profil sekolah, mengatasi constraint failed , dll
- penambahan referensi : jenis
PTK , wilayah expired/pemekaran, tingkat pada jenjang SLB
-
optimasi sync offline
5.
untuk menjaga agar proses
sinkronisasi berjalan lancar/berhasil maka di buatkan jadwal yang dapat kita
sepakati bersama
jadwal
sync :
a. Senin :
Kepulauan Sumatera
b. Selasa
- Rabu : Kepulauan Jawa
c. Kamis :
Kepulauan kalimantan
d. Jumat :
Kepulauan Sulawesi
e. Sabtu :
Kepulauan Papua , NTT, NTB, Bali , Maluku
penjelasan tentang jadwal : secara sistem, sebenarnya tidak
menolak sinkronisasi di luar jadwal. Namun bertujuan untuk meminimalisir lonjakan trafick yg mengakibatkan lama durasi sync
dan mengatur lalu lintas jalannya transportasi data. Dengan kata lain agar proses sinkronisasi masing-masing daerah
lancar sebagaiman yang di harapkan.
Tambahan
untuk hari sabtu : Kepulauan Papua, NTB, NTT, Maluku
6.
seluruh sekolah wajib
mengupdate versi aplikasi menjadi patch 2.05 dan lakukan sinkronisasi meskipun
pernah melakukan sync sebelumnya.
7.
lengkapi dulu semester 1, jika
sudah menginjak ke semester 2, pilih periode semester 2
8. tekan tombol lanjutan semester pada tabel rombel utk memunculkan
kembali rombel-rombel yang ada di semester 1, beserta anggota rombelnya. Akan
tetapi tabel pembelajaran akan kosong kembali, hal ini mengakomodir perubahan
jadwal mengajar di pengajaran periode semester kedua.
Langkah-langkah sinkronisasi offline
Penjelasan umum :
fasilitas sinkronisasi offline di buat untuk memfasilitasi sekolah
yang tidak memiliki koneksi internet. hal ini dimaksudkan mempermudah
operator sekolah mengirimkan datanya setelah input data ke daerah lain /
komputer lain yang memiliki akses internet dengan mambawa file hasil
sinkronisasi offline nya.
Tujuan : Memfasilitasi
sekolah tanpa koneksi internet
fitur
ini hanya digunakan untuk kondisi sekolah yang tidak memiliki koneksi internet
langsung di sekolahnya, nanmun jika sekolah memiliki akses internet sangat di
sarankan untuk melakukan sinkronisasi online
Langkah2 sbb :
1.
pastikan invalid anda = 0 , walaupun sebenarnya invalid tidak mencegah
sinkronisasi. Kondisi komputer offline
2. tekan tombol validasi , sinkronisasi
3. komputer akan menyediakan unduhan file dengan nama
(koderegistrasi)_sync_ke_server, simpan file tersebut ke dalam flashdisk.
Bawa
file tersebut ke tempat yang memiliki akses internet: warnet/ dinas/ UPTD/ ict
center/ PLIK , dll
4. buka website : infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
lalu pilih menu upload data
5.
lengkapi formulir untuk melaksanakan upluad data
6.
Pilih data hasil sinkronisasi offline di aplikasi untuk diuploadkan ke
server dengan format
(koderegistrasi)_sync_ke_server
7. Pilih
tombol UPLOAD lalu server akan memberikan data perubahan dari pusat
untuk di push ke aplikasi dengan format (koderegistrasi)_sync_ke_lokal
8. Buka
aplikasi dapodikdas, lalu lakukan validasi dan sinkronisasi. Pilih data
perubahan dari pusat untuk di push ke aplikasi
9.
Pilih tombol PUSH DATA SINKRONISASI, pastikan proses sinkronisasi
berhasil
10.
Periksa hasil sinkronisasi data sekolah anda di web infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.
untuk memastikan data sekolah anda samd
engan di server.
jika
|
ada
|
kasus
|
laptop/komputer
|
anda
|
bermasalah/hilang/rusak/dll,
|
anda
|
bisa
|
mengambil
|
data terakhir
di
|
server
|
dengan cara login
di
|
manajemen pendataan sebagai sekolah atau kab/kota, pilih
generate ulang prefill dan unduh, UNINSTAL ULANG APLIKASI anda, kemudian di
registrasikan ke komputer. Dengan catatan pernh melakukan sinkronisasi.
0 komentar:
Posting Komentar